Ads

Minggu, 22 November 2015

II. STERILISASI BAGLOG (Perebusan Baglog)

Posted by Unknown at 16.45 0 Comments
Drum Sterilisasi
Sterilisasi adalah proses sterilisasi baglog dari bakteri-bakteri atau jamur-liar yang ada dalam media baglog agar bakteri dan jamur liar tidak tumbuh saat baglog diisi dengan bibit jamur tiram atau kuping.
Dan jika proses sterilisasi tidak dilakukan dengan benar maka baglog kemungkinan besar bisa terkontaminasi atau bisa ditumbuhi jamur lain selain jamur tiram yang bisa mengangganggu pertumbuhan atau bahkan akan merusak pertumbuhan jamur tiram itu sendiri.

Jadi proses sterilisasi ini sangatlah penting bagi keberhasilan pembuatan baglog, dimana proses sterilisasi dilakukan dengan cara merebus atau men steam baglog dengan menggunakan tungku yang bisa dibuat dari drum olie bekas.

Setelah itu baglog dimasukkan ke dalam drum steamer dan drum srteamer harus ditutup rapat. Dan saat proses sterilisasi/perebusan berjalan, usahakan drum ditutup dengan rapat, jangan sampai banyak terjadi kebocoran uap air nya, karena uap dalam drum akan besar tekanannya yang akan membuat proses sterilisasi berhasil dengan baik, apabila semakin banyak kebocoran akan semakin lama proses sterilisasinya karena tekan uap airnya sangat kecil. Dan jika tidak banyak kebocoran uap airnya, maka proses sterilisasi akan semakin besar prosentase keberhasilannya....

Proses sterilisasi harus dilakukan pada suhu minimal 100°C , karena pada suhu tersebut bakteri dan jamur liar akan mati. Dan jika menggunakan tungku steamer sederhana membutuhkan waktu 5-6 jam dihitung setelah suhu mencapai 100°C dan untuk proses sterilisasi baglog jamur kuping waktunya lebih panjang, yaitu 8-10 jam dihitung setelah suhu mencapai 100°C.

Pada proses sterilisasi ini kami penulis menyarankan menggunakan kayu bakaruntuk pembakarannya atau bisa juga menggunakan olie bekas, dan jangan menggunakan bahan bakar LPG karena memakan waktu lebih lama untuk bisa mencapai suhu 100°C.





Berikut contoh-contoh Steamer sederhana yang biasa digunakan :

A. Steamer dengan pembakaran langsung (air berada di dalam tungku/drum steamer):













                           







                 
                         

B. Steamer dengan pembakaran menggunakan boiler:










                       









Contoh baglog yang sudah dimasukkan dalam drum sterilisasi dan siap proses sterilisasi: 



                                   














                                      Video Proses Sterilisasi Baglog





Setelah proses sterilisasi selesai, diamkan steamer semalam untuk menurunkan suhunya,

esoknya tutup drum bisa dibuka dan baglog bisa diturunkan.
Setelah baglog diturunkan maka diamkan dan angin-anginkan baglog supaya dingin terlebih dahulu dan setelah itu siap untuk proses inokulasi (pengisian bibit jamur)




Selanjutnya: INOKULASI (PEMBIBITAN) >>>



















Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

Recent Articles

Total Pageviews

© 2014 Budidaya Jamur.
Powered by Themes24x7 .
back to top