Ads

Jumat, 08 Januari 2016

Penyebab Jamur Tiram Lambat Panen (Tumbuh)

Posted by Unknown at 21.27 1 Comment
Ada kalanya petani jamur mengalami masalah baglog jamur nya susah atau lama keluar jamurnya, padahal miselium pada baglog sudah tumbuh semua (putih)


Penyebab baglog jamur tiram  yang sudah tumbuh penuh miseliumnya (putih) lama keluar bakal jamur (pinhead) nya ada beberapa faktor.




Penyebabnya antara lain:

1. Atap kumbung terlalu rendah, sehingga suhu dalam kumbung menjadi pengap/ gerah yang akan mengakibatkan suhu ruangan cepat tinggi. Kondisi ini tidak memenuhi syarat tumbuh jamur, karena baglog akan kering sehingga pinhead atau bakal jamur tidak akan tumbuh.

Solusinya : Tidak perlu membangun atau merenovasi kumbung lagi, karena hal ini hanya akan membuang-buang uang saja. yang perlu dilakukan adalah :
  • Memasang paranet diatas rak untuk mengurangi atau menyerap panas.
  • Melakukan penyemprotan atau penyiraman dengan air pada lantai kumbung lebih sering, agar kelembaban tetap terjaga.
  • Menanam pohon disekitar kumbung, agar kumbung menjadi lebih sejuk. (Bisa ditanami pohon Cersen/Talok, karena pohon ini sangat cepat pertumbuhannya)
  • Membuat kolam atau membuat selokan/saluran air disekitar kumbung atau bisa juga dilewatkan ke dalam kumbung.
  • Sering melakukan penyemprotan baglog dengan semprotan air sprayer (semprotan pengkabut) agar baglog tidak kering tetapi tidak juga basah.


2.  Kumbung jamur terlalu tertutup rapat tanpa sirkulasi dan gelap, hal ini akan menghambat pertumbuhan pin head/ bakal jamur. Pada masa pertumbuhan jamur pada baglog butuh sirkulasi udara yang baik dan butuh pencahayaan sebesar 10-15 %. Akan tetapi sinar matahari tidak boleh langsung yang masuk ke dalam kumbung. 
Jika malam hari sampai pagi hari sebaiknya pintu atau ventilasi kumbung dibuka, karena pada saat itu embun pagi hari yang sangat segar akan sangat berguna dan merangsang pertumbuhan pinhead jamur.

3. Kumbung terlalu lembab atau basah karena terlalu sering melakukan penyemprotan pada baglog dan penyiraman lantai kumbung terlalu sering. Saat penyemprotan baglog sebaiknmya menggunakan semprotan sprayer (kabut) air, agar baglog tidak basah kuyup. Karena baglog yang basah kuyup akan menyebabkan baglog menjadi terlalu berair sehingga pinhead susah tumbuh dan akan menyebankan pembusukan baglog dan jamur.


















Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

1 komentar:

  1. Pak kalo faktor diatas sdah terpenuhi, penyebab lainnya kenapa ya pinhead susah keluar. Pdahal sdah full miselium nya. Trimakasih

    BalasHapus

Recent Articles

Total Pageviews

© 2014 Budidaya Jamur.
Powered by Themes24x7 .
back to top