Ads

Rabu, 20 April 2016

PEMANENAN DAN PASCA PANEN JAMUR KUPING

Posted by Unknown at 07.25 0 Comments
Siap panen

Umumnya jumlah jamur kuping yang dihasilkan dari media buatan (baglog) berkisar 300-650 gram per baglog. Kualitas dan kuantitas yang baik sangat mempengaruhi harga di pasaran. Untuk itu perlu penanganan panen yang baik untuk mendapatkan kualitas jamur yang baik.

1. Waktu Panen
Jamur kuping budidaya dalam baglog dapat dipanen 2 minggu setelah pinhead muncul atau saat tubuh jamur sudah mencapai ukuran yang diinginkan, yaitu mencapai bobot 65 gram dengan ukuran lebar tubuh jamur 10-25 cm. Jika pemeliharaan optimal, jamur kuping dapat terus-menerus dipanen hingga 5 bulan berikutnya.

2. Cara Memanen
Pemanenan dapat dilakukan dengan cara dipetik atau dipotong hingga akarnya. Untuk mempermudah memanen serta mengurangi kontaminasi dan tingkat kerusakan saat memanen, dapat digunakan gunting atau pisau yang tajam dan bersih. Setelah panen dilakukan baglog dibersihkan.
Tidak seperti jamur tiram, pemanenan jamur kuping tidak harus mencabut seluruh jamur dari baglog. Jamur kuping yang dipanen adalah yang memiliki ukuran standart panen. Jamur kuping yang masih kecil dibiarkan tetap tumbuh dalam baglog hingga mencapai ukuran standart.


Jamur Kuping Siap Panen

3. Perlakuan Pasca Panen
Sehabis dipanen, gunting bagian akar jamur kuping untuk membuang sisa-sisa kotoran yang melekat. Jamur kuping termasuk mudah rusak, sehingga diperlukan penanganan pasca panen yang baik untuk dapat mempertahankan kualitasnya. Jamur kuping dapat dipasarkan dalam kondisi basah atau kering. Ada juga yang dipasarkan dalam bentuk serbuk untuk ekspor.

a. Jamur kuping segar
Setelah panen, jamur kuping dibersihkan dengan cara dicuci dengan menggunakan sabun Mama Lemon untuk sayuran. Setelah dicuci lalu ditiriskan hingga air tidak menetes. Lalu disimpan



b. Jamur kuping kering
Selain dalam bentuk jamur segar, jamur kuping juga bisa dikeringkan, dan memiliki nilai jual lebih tinggi. Jamur kuping kering bisa tahan disimpan selama 6-12 bulan lebih. Untuk menghasilkan 1 kg jamur kuping kering dibutuhkan 6-7 kilo jamur kuping segar. Pengeringan biasa nya dilakukan dengan cara dijemur dibawah terk matahari selama 3-5 hari tergantung kondisi panas.
Bisa juga menggunakan oven khusus dengan suhu 40-45°C dan kelembaban 20%. Akan tetapi pengeringan dengan menggunakan oven hasilnya kurang bagus, karena jamur kupimg kering yang dihasilkan menjadi lebih mudah hancur karena kering. Jadi metode pengeringan yang sempurna adalah secara alami yaitu oleh terik matahari.




Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

Recent Articles

Total Pageviews

© 2014 Budidaya Jamur.
Powered by Themes24x7 .
back to top